ICC Sebut Ada Unsur Kejahatan Perang Pada Pembunuhan Khadafi


Jaksa Pengadilan Pidana Internasional (ICC) menyebut adanya kecurigaan bahwa kematian Muammar Khadafi adalah sebuah kejahatan perang. ICC telah berkirim surat ke Dewan Keamanan (DK) PBB untuk menanyakan rencana Pemerintah Libya untuk menyelidiki dugaan kejahatan perang semua pihak, termasuk para pemberontak.

“Kematian Muammar Khadafi adalah salah satu masalah yang harus diklarifikasi, apa yang terjadi, karena ada kecurigaan serius bahwa itu adalah kejahatan perang,” kata Kepala ICC, Moreno Ocampo, seperti diberitakan smh.com, Jumat (16/12/2011).

Dalam rekamanan video dan saksi, Khadafi ditangkap oleh para pejuang pemberontak. Dalam rekaman itu Khadafi terlihat dipukuli dan dianiaya oleh para penculiknya. Ada indikasi kuat Khadafi tewas dalam tahanan.

Moreno Ocampo mengatakan kantornya bekerja sama dengan pihak berwenang Libya tidak hanya pada kasus Khadafi, tetapi pada kasus putranya, Saif al-Islam. Selain itu juga terkait mantan kepala intelijen, Abdullah al-Senoussi, yang ditangkap dan menghadapi tuntutan ICC

%d bloggers like this: