Cara Cegah Munculnya Varises di Kaki


Pembuluh darah vena sering membesar (varises) terutama di kaki bagian bawah. Banyak faktor yang terlibat dalam perkembangan menuju kondisi tersebut. Jangan cemas, beberapa cara bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya varises di kaki.

Beberapa faktor yang terlibat dalam pembentukan varises adalah jenis kelamin, usia, kehamilan dan keturunan. Wanita lebih rentan mengalami varises dibandingkan dengan pria. Varises terjadi ketika darah tidak mengalir dengan baik melalui pembuluh darah di kaki.

Ada dua jenis utama pembuluh darah di kaki, yaitu vena superfisial yang terletak di bawah kulit dan vena yang terletak lebih ke dalam. Vena superfisial termasuk pembuluh vena saphena panjang dan pendek.

Vena saphena yang terhubung ke pembuluh darah jauh di dalam kaki dengan vena perforator. Ketika darah tidak mengalir dengan baik dari vena superfisial ke vena dalam, dapat terjadi tekanan pada daerah tersebut. Hal tersebut menyebabkan darah terkumpul atau menggenang di vena superfisial.

Ketika hal tersebut terjadi, pembuluh darah yang terkena disebut varises. Namun, perubahan beberapa gaya hidup yang dapat membantu mencegah varises.

2 responses to this post.

  1. Nais info gans…

    Reply

  2. Posted by admin on December 19, 2011 at 10:52 am

    mantap infonya gans…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: